Sabtu, 15 Maret 2014

Cuap-cuap Rekrutmen PT Elnusa Tbk

Oke kali ini tahapan rekrutmen di PT Elnusa Tbk untuk posisi Operator/ officer trainee program (OTP). Mungkin bahasa kerennya jadi field engineer. Bagi kalian-kalian yang memimpikan bermandi lumpur semburan sumur pengeboran minyak, memakai coverall beserta hard hatnya, mungkin ini jadi pilihan yang tepat. 

PT Elnusa Tbk ini termasuk perusahaan oil services yang memberikan jasa-jasa spesifik yang ada hubungannya dengan industri oil/ gas ke perusahaan owner (Pertamina, Chevron, Exxon, dll). 


Berikut tahapan tes rekrutmennya :

1. Psikotes + TPA + Interview HR
Ini lumayan melelahkan. Dilakuakan seharian full, dari proses psikotes, TPA hingga sore harinya interview HR. Soal-soalnya standar psikotes (gambar, logika, kraepelin, dll). Lanjut dengan soal-soal potensi akademik dan safety. 

Setelah mengerjakan semua soal-soal tersebut kita akan menjalani interview dengan tim HR. Tim yang menjadi interviewernya sepertinya dari pihak kedua, jadi bukan dari Elnusa langsung. Pertanyaannya seputar diri pribadi dan CV kita. 

2. Interview User
Oke lanjut ke tahap selanjutnya ke tahap interview user. Lokasi interview di Graha Elnusa - Cilandak Jak-sel. Saran saya setiap mau interview user siapkan ide mengenai apa yang akan kita kerjakan nantinya sewaktu bekerja. Misal, posisi yang dilamar sebagai field engineer. Yah minimal kita taulah apa yang akan dilakukan, situasi seperti apa dan beban mentalnya seperti apa. Sangat mempengaruhi saat interview. Ohiya, ukuran baju dan sepatu juga harus tau, ditanyain juga ntar.hehee..

3. Tes TOEIC
Tes ini dilakukan oleh pihak kedua (lembaga tes bahasa inggris). Tempatnya bisa di graha Elnusa atau langsung di kantor lembaga bahasa inggris di daerah Sudirman. 

4. Medex
Untuk tahapan medex Elnusa lumayan lengkap, terdiri dari pemeriksaan darah (2x), urin, rontgen, audiometri, jantung dan fisik. 

5. Interview Top Management + Grafologi + Kecenderungan Pribadi
Oke ini menarik. Tahapan ini selain ada interview top menagement ada tes grafologi. Apa itu grafologi ? Grafologi adalah tes dengan menggunakan tulisan tangan kita. Entah seperti apa, seseorang dapat dinilai dari tulisan mereka. Jadi tesnya kita diminta menulis bebas di selembar kertas. 

Untuk kecenderungan pribadi hampir sama seperti tes psikotes dimana kita diminta untuk memilih satu diantara dua statement yang mewakili diri kita.

Interview management pertanyaannya seputar pengetahuan mengenai perusahaan, pengelolaan emosi, dll. 

Yak, begitulah tahapan keseluruhannya. Semoga bermanfaat :)
sekian_kdn

3 komentar: