Sabtu, 15 Maret 2014

Cuap-cuap Rekrutmen Honda Prospect Motor (HPM)

Yah blog saya mungkin agak sepi akhir-akhir ini. Supaya tidak terus-menerus sepi saya coba isi blog ini dengan beberapa pengalaman saya mencari kerja. Semoga bermanfaat :) 

Oke di tulisan kali ini dan beberapa tulisan yang akan datang saya akan berbagi tetang tahapan proses rekrutmen di beberapa perusahaan yang pernah saya jalani. Untuk yang pertama saya akan berbagi mengenai tahapan rekrutmen di Honda Prospect Motor (HPM).


Honda Prospect Motor adalah perusahaan pemegang lisensi satu-satunya di Indonesia untuk manufaktur & after sales mobil pabrikan Honda. Seperti misalnya yang dibuat di Indonesia (Jazz, Brio, CR-V, Freed, Mobilio*) dan impor (Stream, City, Accord dll). 

Nah untuk tahapan proses rekrutmen karyawannya adalah sebagai berikut :

1. Tes Psikotes + Bahasa Inggris
Tahapan ini terdiri dari soal-soal psikotes pada umumnya, seperti padanan, logika gambar, angka, deret, matematis, hafalan, kraepelin hingga kecenderungan pribadi. Lumayan lengkap untuk tes psikotesnya. Untuk B. Inggris kita diminta mengerjakan soal dan mengarang.

2. Interview HRD
Tahapan selanjutnya adalah interview dengan tim HRD. Pertanyaannya seputar diri sendiri, keluarga dan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang kita tulis pada form aplikasi kerja yang diberikan sebelumnya. Interview menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia.

3. Interview User + Manager Dept.
Tahapan selanjutnya, kandidat akan diundang untuk langsung datang ke kantor sesuai dengan penempatan kerja nantinya. Ada dua tempat biasanya, kalau yang manufaktur ada di daerah karawang dan yang after sales ada di daerah sunter jakarta utara. 

Pada tahapan ini kita akan bertemu dengan calon atasan kita, pertanyaannya ya standar tentang diri sendiri, tugas akhir dan hal yang sifatnya teknis (tergantung usernya). 

Setelah interview user, kita akan diinterview oleh manager dept. terkait. Nah di tahapan ini interviewnya langsung berbarengan dengan kandidat yang lain. Jadi satu ruangan ada Pak managernya dan beberapa orang kandidat. Pertanyaannya sepele-sepele, seperti coba perkenalan diri pakai B. Inggris, apa mata kuliah kesukaanmu/ yang paling tidak kamu sukai, kenapa kamu pilih kerja disini dll. Yah bukan sepele sih, lebih ke menjebak dan terjebak. Pinter-pinter ngeles aja..  

4. Medex
Tahapan ini terdiri dari pemeriksaan urin, darah, rontgen dan fisik. Tapi tenang aja, gak ada yang aneh-aneh kok.hehee..

Yak sekian, semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau nyanya, monggo langsung komen aja. Semoga bisa membantu. sekian _kdn

9 komentar:

  1. mas kalo intrvw HRD berapa orang yang interview ya?

    BalasHapus
  2. om kira2 berapa lama ya waktu interviewnya HR nya? perlu bawa CV lagi gak? trims

    BalasHapus
  3. 1. Waktu itu saya diinterview oleh 2 orang + 1 orang general manager.
    2. Kalau lama interview tergantung seberapa hangat pembicaraan kita :) yah, mungkin sekitar 30 menit. CV dibawa saja, jaga-jaga..

    semoga membantu :)

    BalasHapus
  4. mau tanya, waktu interview hrd pertanyaannya apa saja? full english? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Katherine, pertanyaannya seputar diri kita, pengetahuan HPM, dan pertanyaan common lainnya. Pertanyaannya 50% Bahasa 50% English.

      Hapus
    2. saya sudah di wawancara HRD sekitar 2 minggu lalu dan belum mendapatkan kabar bagaimana kelanjutannya. sebaiknya saya telp HRD nya atau tetap menunggu kabar? terima kasih :)

      Hapus
  5. Yang mengarang menggunakan b inggris itu materinya bebas or di tentuin

    BalasHapus
  6. Postingannya bagus banget min, lanjutin karyanya.
    Kunjungi juga blog saya di Dedenanda.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Kalo dapet pnggilan,pengetasannya di ptnya atau tempat lain ka? Mohon informasinya,terimakasih.

    BalasHapus