Sabtu, 15 Maret 2014

Cuap-cuap Rekrutmen Garuda Indonesia

Oke kita kembali lagi ngemengin cari kerjaan. Kali ini saya mau sharing proses rekrutmen di Garuda Indonesia untuk posisi pilot Management Trainee (MT). 

Yak, biasanya untuk rekrutmen perusahaan yang ada embel-embel Management Trainee (MT) atau Graduate Development Program (GDP) diproyeksikan untuk mencetak pemimpin masa depan perusahaan. Begitu juga dengan MT Garuda Indonesia. Jadi bagi teman-teman yang rasanya punya jiwa pemimpin yang oke, bolehlah dicoba program MT. Hampir semua perusahaan yang sudah established punya program MT. Bagaimanapun regenerasi sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan masa depan perusahaan.


Oke, untuk tahapan rekrutmen di Garuda Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Tes Psychometric (Online)
Tes ini berupa pertanyaan2 logis yang berkaitan dengan hal psikologi diri kita dan juga membaca data/ persoalan. 

2. Asesmen Kompetensi
Tahapan selanjutnya adalah proses asesmen. Tahapan ini terdiri dari analisis kasus (presentasi & forum group discussion) dan Interview. Pada tahap analisis kasus, kita diminta untuk membuat analisa dari sebuah persoalan kemudian dipresentasikan. Mungkin gampangannya kita diminta untuk membuat SWOT beserta rekomendasinya. Setelah itu kita akan berdiskusi dengan teman sekelompok mengenai apa yang telah dipresentasikan.

Setelah presentasi dan FGD, lanjut interview oleh team psikologi. Yang menjadi interviewer dari pihak kedua (lembaga psikologi). Pertanyaan seputar diri kita dan management emosi dan persoalan.

3. Presentasi + Interview User
Tahapan ini kita akan diminta untuk menganalisis kasus dan membuat SWOT beserta rekomendasinya. Kita akan diberikan waktu 1 jam untuk mempersiapkan presentasinya. Setelah itu kita akan mempresentasikan apa yang sudah kita analisis. Setelah presentasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Bahasa yang digunakan terserah asal bukan bahasa bugis. Penilaian ++ ketika kita menggunakan English

4. Tes Bahasa Inggris
Pada tahap ini, kandidat akan diberikan jadwal tes bahasa inggris dari pihak GI, tetapi jika kandidat sudah memiliki sertifikat TOEFL/ TOEIC maka diperbolehkan untuk mengirimkan soft filenya saja.

5. Medex + Background Check  
Tahap medical checkup terdiri dari pemeriksaan darah, urin, rontgen dan fisik. 

Untuk background check, kandidat akan ditanyai mengenai keterlibatan kendidat di organisasi2 tertentu. Ditanyai mengenai nasionalisme dan segala sesuatu yang mungkin mengandung potensi kandidat ini memiliki rekam jejak negatif dimasa lalu. Yang nanya juga udah pro dibidang intelejen, jadi hati-hati berkata.whehee.. 

6. Pantukhir
Saya belum masuk ke tahap ini, karena sampai dengan postingan ini keluar belum ada kabar lagi dari GI. Tapi menurut kabar, tahap ini hampir sama dengan presentasi user, hanya bedanya yang menjadi panelis adalah level managerial.

Wokee, itulah sedikit sharing dari saya. semoga bermanfaat :)
sekian_kdn


4 komentar: