Minggu, 24 Maret 2013

Tentang Sulawesi Part#2

Masih di Soroako – Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Di part#2 ini saya coba mengutarakan sedikit keindahan anugerah Tuhan yang dilimpahkan kepada alam Sulawesi. Dengan kontur berbukit, hutan yang lebat Kabupaten Luwu Timur menyimpan banyak sekali potensi pariwisata. Seperti air terjun yang saya datangi ini. Air terjun ini berada sekitar 30 km dari Soroako, tepatnya di kecamatan Wasuponda. Air terjun ini bernama Matabuntu, dan seperti biasa keindahannya luar biasa.

Jalan masuk menuju area air terjun lumayan mudah diakses. Dengan jalan aspal mobil dapat masuk sampai ke daerah bukit tempat air terjun berada. Di area air terjunpun sudah tersedia parkiran yang memadai untuk mobil dan motor.

Masuk ke area air terjun kita akan disambut oleh anak tangga. Lumayan tinggi, mungkin 100an anak tangga hingga kita bisa mencapai sebuah area untuk beristirahat. Mungkin wisata ini gak cocok sama orang tua yang benci dengan tangga.hehee.. Sebetulnya kita tidak perlu risau akan lelah dahaga selama menaiki anak tangga, mengapa? Karena air terjun ini menemani kita selama perjalanan menuju ke atas. Ya, air terjun ini bertingkat-tingkat hingga ke puncak bukit. Jadi kalau haus langsung deh bisa di minum tuh air jernih pegunungan yang mengalir di air terjun, belum lagi pemandangannya W.O.W banget deh, bikin lupa betis kaki mungkin mau pecah (yang terakhir mungkin berlebihan).

Ini sedikit foto yang saya abadikan, silahkan :

Ini dia tangga menuju spot istirahat yang berada hampir di atas bukit. Cukup tinggi tapi bisalah didaki oleh siapapun umur berarapun. 
Selama menaiki tangga kita disuguhkan pemandangan air terjun Matabuntu yang indah. Serasa obat mujarab penghilang rasa lelah.

Ini dia air terjun Matabuntu. Dengan ciri bertingkat-tingkat dari puncak hingga dasar bukit. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana air terjun ini 50 atau 100 tahun yang lalu, betapa liar dan berlipat keindahannya. Mungkin waktu itu ada kawanan monyet sedang mandi kemudian rusa yang sedang minum dan macan yang cuma mengamati mereka semua di atas pohon. 
Sampai di pos istirahat, kita tinggal pilih mau duduk saja atau segera menceburkan diri ke air yang dingin menyegarkan. Kita tinggal pilih spot mana yang mau kita jadikan sebagai tempat mandi, karena air terjunnya ada banyak !!
Simpul air dan hutan. Sangat menyegarkan.. Sebagai tambahan, saat saya datang katanya air sedang surut. Bayangkan jek, surut aja begini, gimana kalau debit sedang maksimal.
Contoh bagaimana cara menikmati air terjun yang baik dan benar. Meloncat, berteriak dan byurr!! Satu lagi saran bagaimana menikmati air terjun yang baik adalah berenanglah sambil minum.. anda akan merasakan sensasi berbeda. 
Nah ini dia bukti otentik saya pernah mengunjungi air terjun Matabuntu. Sip-sip mantap!! 
Setelah mengunjungi air terjun Matabuntu, saya lanjutkan perjalanan menuju salah satu personel trio danau di Luwu Timur. Danau ini bernama Danau Towuti. Luas danau ini melebihi danau Matano yang saya kunjungi sebelumnya. Ini dia sedikit dokumentasinya :

Kita seperti tidak bisa melihat seberang danau sehingga seperti berada di pinggir laut, padahal ini di pinggir danau.
Transportasi yang digunakan masyarakat untuk pergi ke daerah seberang danau. 
Sekian dulu, tetap bersyukur, jaga alam ini, buang sampah pada tempatnya.
lanjut ke part#3
sekian_kdn




Tidak ada komentar:

Posting Komentar