Rabu, 23 November 2011

Miris, Medali Emas Tanpa Harga Diri

Di tengah gelegar euforia juara umum Indonesia di Sea Games ke 26, saya harus menarik nafas dalam-dalam. Sedih saja melihat video ini, jujur rasa bangga langsung luntur : 




Video ini menampilkan final pencak silat putra antara Indonesia VS Thailand. Di video ini menunjukkan atlet pencak silat kita entah mengapa berbuat yang saya sendiri melihatnya sangat malu sebagai rakyat Indonesia. Berlari, menghindar dibelakang wasit, menggigit lawan, dan pada akhirnya "menang". Apalah... dimana nilai harga diri sebuah bangsa,  kalah tapi ternyata menang lalu bangga. Pantas saja Thailand gusar, semua orangpun pasti gusar kalau diperlakukan seperti itu. 

Terlepas apapun alasan atlet kita melakukan hal seperti itu, entah cidera, takut, atau iseng. Saya sedih. Apa mungkin mental kita sekarang memang seperti itu, apa mungkin jika saya diposisi atlet Indonesia itu saya juga melakukan hal yang sama karena mental pemuda Indonesia sekarang yang pengecut.. Entahlah.. Yang jelas rasa malu tak bisa dihindarkan walau emas dikalungkan sebanyak apapun. Jadilah seorang kesatria, yang menunduk ketika menang dan menegakkan kepala ketika kalah..

"Salut untuk atlet Indonesia yang telah bertanding secara kesatria.. Jayalah Indonesia.."

sekian_kdn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar