Senin, 18 April 2011

Catatan Sindoro 3153 mdpl

Sindoro. Ya Gunung Sindoro, salah satu tujuan pendakian di daerah Jawa Tengah. Gunung Sindoro terletak di daerah antara Temanggung - Wonosobo. Ketinggian Sindoro mencapai 3153 meter di atas permukaan laut. Sindoro sendiri juga sering dijadikan tujuan pendakian yang disandingkan dengan Gunung Sumbing karena letak Gunung Sindoro - Sumbing yang hanya dipisahkan jalan penghubung daerah Temanggung ( Parakan ) - Wonosobo. 

Kali ini saya dan kawan saya berkesempatan mencicipi muncak di Gunung Sindoro. Jalur pendakian kami pilih melewati jalur kledung. Proses pendakian sendiri Alhamdulillah berjalan lancar. Kebetulan juga cuaca saat kami mendaki sangat mendukung, tidak telampau panas dan tidak terlampau basah karena hujan. berikut sedikit dokumentasi kami :

foto sebelum daki di basecamp
Pemandangan Gn. Sumbing dari kaki Gn. Sindoro

POS 3

Saat mendaki Sindoro, kita akan menemukan 3 POS. Sebelum POS ketiga kita dihadapkan dengan jalur relatif landai dan masih berupa daerah hutan. Setelah POS 3 inilah kita akan menghadapi jalur pendakian yang memiliki kemiringan lebih dari pada kemiringan jalan sebelum POS 3, disinilah menurut saya pendakian Sindoro baru dimulai.  Tapi semua menyenangkan karena kita disajikan pemandangan luar biasa dari keindahan alam Sindoro sampai sensasi berjalan di atas awan.

Menikmati Parakan dari pertengahan Gn. Sindoro

Jalur menuju puncak Sindoro
 Sampai dipuncak segala kelelahan serasa hilang seketika diobati pemandangan alam yang luar biasa. Subhanalloh....
Kawah Sindoro

Sunrise at Sindoro

Lawu, Merbabu, Merapi, Sumbing terlihat dari puncak Sindoro

narsis dikit.hha.. ( background Gn. Sumbing )

Sindoro Sumbing juga sering disebut Gunung Kembar layaknya Merbabu - Merapi karena letaknya yang berdekatan, ketinggiannyapun tak jauh berbeda, Sindoro 3153 mdpl dan Sumbing sedikit lebih tinggi 3371 mdpl. Para pendaki juga sering menggenapkan pendakian mereka dengan mendaki Gunung Sumbing, Sindoro lalu Gunung slamet ( 3 S ). 

Tim Ekspidisi BAR UTS
Perjalanan pulang. disuguhkan pemandangan Gn. Sumbing

banyak pelajaran dari camping, saat nyali, kesetiaan, egoisme, kemarahan, kesenangan, dan banyak lagi di hadapkan untuk kita atur menjadi sumber pelajaran cermin diri dan penghormatan atas orang lain...
Testimoni terakhir : Yok ndaki yok !!hhe.. 
skian kdn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar