Senin, 14 Juni 2021

Nulis Yuk !

Setelah sekian lama. Saya kembali mencoba menuliskan lagi apa yang terpendam di otak ini. Hmm.. mungkin saya coba memulai nulis di blog ini dengan pengalaman saya mengenai manfaat menulis ya. Saya coba share sesuai dengan apa yang saya rasakan dan alami.

Mengapa menulis? Mungkin kalau dari saya hal yang paling bermanfaat dari menulis adalah dapat membantu memetakan apa yang ada di pikiran kita. Maksudnya gini nih.. Kalau kita punya suatu ide di pikiran/ otak kita, kadang kala kita sulit untuk memetakan sebuah ide hingga itu mudah untuk dipahami kita apalagi orang lain (apasih yang sebenarnya kita mau?). Dengan menulis, sepertinya jalan pikiran saya lebih terstruktur, dimulai dari ide besar sampai ke struktur terkecil. Kan susah ya kalau kita punya ide besar nih langsung loncat ke kesimpulan. Penting untuk berpikir rapi terstruktur stp by step. Dengan menulis, kita dipaksa untuk memulai paragraf pertama dengan pembukaan, kemudian langkah pertama di pragraf kedua begitu seterusnya hingga kesimpulan di paragraf terkahir. Secara tidak sadar pikiran kita jadi lebih terstruktur, tinggal mengkomunikasikan saja dengan tenang ke orang lain.. Impactnya, orang lain jadi lebih mudah memahami apa yang kita maksud bukan sekedar ide tapi step by step dari ide menuju ke bentuk konkret. 

Bukan itu saja ya, yang saya rasakan juga ada kepuasan batin setiap ada tulisan dengan tema tertentu saya selesaikan. Contohnya saja di blog ini. Kalau ada satu tulisan selesai dan saya publikasikan, seperti ada rasa puas dan happy. Itu mungkin beberapa terapi kesehatan mental menyarankan orang untuk menulis apa yang ia pikirkan sebelum tidur malam (saya juga punya buku diary yang saya tulis semasa kuliah, saya koleksi sampai sekarang masih ada :D). 

Terakhir, saya saranin ke pembaca sekalian, coba deh mulai nulis (saya juga mau mulai lagi nih). Apa yang kamu pikirkan tulis, lagi bete lagi seneng tulis. Tak apa sederhana sependek apapun juga. Setidaknya ada bukti konret kemu pernah merasakan sesuatu di waktu tertentu. Nanti pas kamu baca tulisanmu sendiri, kamu akan senyum sendiri. Oh aku bisa melewatinya dan aku menjadi lebih dewasa dalam berpikir terstruktur dan dapat menghadapi sebuah masalah.. Happy writing !

Sekian_kdn 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar