Minggu, 11 Desember 2016

Annyeong Haseyo #2

Sebagai orang Muslim, saya tentunya punya kewajiban melaksanakan ibadah wajib sehari-hari di Korea. Seperti Sholat 5 waktu. 

Ibadah

Selama ngantor di Korea, karena saya dan teman-teman mayoritas beragama Islam, kami diberikan satu ruangan khusus untuk melaksakan sholat. Sebetulnya ruangan kecil itu adalah ruangan meeting, tapi khusus seminggu, ruangan itu dikhususkan untuk kami beribadah. Mengenai wudhu, kami mengambilnya dari wastafel toilet. Yah, harus pintar-pintar memanfaatkan fasilitas yang ada.

Satu kali kami dapat kesempatan untuk mengunjungi Masjid yang ada di Seoul. Waktu itu kami hendak malaksanakan sholat Jumat. Masjid itu berada di daerah Itaewon. Jarak Itaewon dari kantor (daerah Yeoksam Gangnam) adalah 30 menit by Taxi. 

Daerah Itaewon
Sesampainya di sekitar Masjid, cukup banyak restoran yang menyajikan menu Halal. Dari menu timur tengah hingga menu nasi khas Melayu. Waktu itu kami mencoba nasi briani sebagai menu makan siang kami. Mungkin karena saya yang gak pernah makan nasi briani + tumpukan daging, waktu itu rasanya enak banget..

Lanjut sholat Jumat. Masjid Itaewon atau Masjid Pusat Seoul ini cukup besar. Jamaah yang bisa ditampung perkiraan saya bisa 500an orang. Jamaahnya sendiri dari bermacam-macam negara, dari Timur-tengah, africa, Melayu hingga Korea sendiri. 

Pintu utama Masjid 
Sholat Jumat di sini disampaikan dalam 3 bahasa. Arab, Inggris dan Korea. Karena disampaikan dalam 3 bahasa, waktu pelaksanaan Sholat Jumat menjadi cukup lama. Total 1 jam lebih pelaksanaan Sholat Jumat di sini. 

Setelah selesai sholat Jumat, jamaah tumpah ruah keluar Masjid. Momen yang sangat indah menurut saya. Semua orang dari berbagai macam ras budaya negara berkumpul saling menyapa dan berjabat tangan. Saya pikir ini adalah salah satu keindahan agama Islam yang menyatukan berbagai macam orang dalam satu ikatan persaudaraan sebenarnya. 

Jamaah masjid bercengkrama setelah Sholat Jumat
Oke, sekian dulu part 2 ini. Sampai ketemu di part #3

Sekian_kdn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar