Selasa, 02 Agustus 2011

Cerita dari Negeri ia-ia (Satu Lagi Alasan Saya Kagum dengan Pramuka)

Menarik, beberapa minggu yang lalu kita dikagetkan oleh sebuah tragedi di Norwegia yang menewaskan lebih dari 70 orang karena sebuah aksi pengeboman dan penembakan brutal oleh seorang yang mengaku dirinya Islamofobia ( Benci terhadap Islam ). Agak serem bicara yang ginian tapi yang menarik adalah di negeri yang tak jauh dari Norwegia tepatnya Swedia sekarang sedang berlangsung sebuah acara besar yang mempertemukan pemuda dari hampir seluruh penjuru dunia. Acara itu ialah Jambore Dunia ke 22. Terus hubungan kejadian di Norwegia dan JamDun di Swedia apa ya?? Tenang, akan Saya ulas letak menariknya dimana..


Bagi yang belum tau apa itu Jambore Dunia tentu bertanya-tanya acara apakah itu? Jambore ialah sebutan yang dipakai oleh seluruh pandu dunia ( scout, kalau di Indonesia Pramuka ) untuk acara yang didalamnya berkumpul pandu-pandu untuk bertukarpengalaman dan melakukan kegiatan positif lain. Dan saat ini Jambore Dunia Pramuka seluruh Dunia itu sedang berlangsung, dan Indonesia juga tak lupa mengirimkan kontingennya. Wah bakalan cape tuh anak-anak Pramuka Indonesia ikut kegiatan itu.hehehee.. kok bisa ?? karena sekarang kita semua sudah masuk di Bulan Romadhon dan Pramuka Indonesia serta ribuan Pandu dunia yang beragama Islam dari berbagai negara juga sedang melaksanakan kewajiban puasa Romadhon. 

Nah ini letak menariknya, betapa gerakan kepanduan ini membuat Saya jatuh cinta. Semangat membangun perdamaian diantara pandu-pandu seluruh dunia ini begitu terasa. Mendukung dan tidak ada perbedaan dalam memandang, tidak ada perbedaan Suku, Ras, Agama dan Golongan semua saling mendukung karena kesadaran akan sebuah kata ''perdamaian''.
Gambar menarik di Jambore Dunia ( di ambil dari Website resmi Jamdun ke 22 Swedia )
Menarik, ribuan pemuda berkumpul dan tak ada rasa merendahkan satu sama lain, bahkan bukan merendahkan yang muncul, tapi perdamaian dan keindahan yang timbul.. luar biasa.. Sangat menginspirasi..
-I AM A MUSLIM, I AM A SCOUT-
sekian_kdn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar