Minggu, 02 Juni 2013

Catatan Gunung Merbabu (3142 MDPL)

Pada akhir bulan Mei 2013 ini, saya bersama teman-teman kampus berkesempatan mendaki salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah. Pandakian ini massal, rame-rame, sengaja memang untuk mempererat tali silaturahim antara kami yang katanya sudah mau lulus..aamiin..

Gunung yang kami daki adalah Gn. Merbabu yang memiliki elavasi 3142 meter di atas permukaan laut. Gunung Merbabu sendiri terletak diantara kabupaten Boyolali (sebelah timur & selatan), Magelang (sebelah barat) dan Semarang (sebelah utara).

Pendakian kami kemarin melalui jalur Wekas (sisi Magelang) yang ditempuh sekitar 2 jam dari Jogja. Pemilihan jalur Wekas katanya cocok buat pendakian massal, salah satu alasannya adalah ada sumber air di POS 2 sebelum menuju puncak Merbabu.

Pendakian sendiri dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yakni perjalanan dari base camp di lereng gunung menuju POS 2 yang memakan waktu sekitar 3 jam. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju puncak yang memakan waktu juga kira-kira 3 jam.

Oke, langsung saja dinikamti foto-foto dokumentasi pendakian kemarin.
Persiapan menuju Gn. Merbabu. Lokasi masih di kampus Mesin.
Sebelum berangkat berfoto barenglah terlebih dahulu, akan lebih baik dengan background yang dianggap mewakili identitas komunitas kita. Berfoto bareng dapat menyebabkan luapan emosi semangat membara cetar membahana.
Saat bepergian jauh, apalagi rombongan pakailah tranpostasi umum. Sangat bagus untuk efek pertemanan.
Pintu gerbang jalur pendakian Wekas. Dari sini kita masih dapat menggunakan transportasi umum sampai ke base camp di kaki gunung. 
Bersiap mendaki kembaran Gn. Merapi. 
Singkat cerita hampir sampailah kita di puncak Merbabu. Pemandangan sekitar, indah...
700 meter lagi puncak Kentheng Songo. Salah satu puncak Merbabu.
Jalur Selo (sisi Boyolali) dihinggapi awan, indah... (foto by Ezra FCT)
Merapi dari Merbabu, indah... (foto by Ezra FCT)
Salah satu yang menantang. ''Memeluk tebing''. Dibelakang pendaki terdapat jurang yang curam, tetapi setelah melewati ini kita sudah sampai ke puncak.
lagi, indah. foto bukit kecil dari Merbabu.
Puncak Kentheng Songo. (foto by Pundy S)
Foto bersama di atas awan. Puncak Merbabu. indah... (foto by Ezra FCT)
keep TM UGM 09's flag flying high..  (foto by Pundy S)
Nah ini sang inisiator pendakian massal kemarin. Dhias namanya, asli Jakarta, ketua pecinta alam Mesin UGM 11/12, masih jadi kepala suku juga sepertinya. Memperlakukan gunung laksana kekasihnya, gak tau juga betapa hampa hidupnya kalau dunia ini gak ada gunung. Gile fotonya to the max, terbiasa pose di puncak gunung dia..
Nah ini saya foto bareng sama Pak Ustadz. namanya Tito. Asli Purworejo, Kormanit KKN saya.  Selalu agamis, dan memang agamis. Tauladan hati ini orang. Ustaaz ustaazz..
Wah ini dia, duo asli Bontang. Ini foto saya bareng Aang, teman sekota yang ditakdirkan kuliah di satu kampus. Mesin sejati, yang megang mesin Semar UGM 2012. Katanya dulu, sekolah SMA kami ini sering bentrok, tapi saya dan Aang akur-akur aja tuh di kampus.. Alhamdulillah, heuheu.. 
Kebersamaan, salah satu yang tidak bisa dipungkiri waktu camping. 
Wah ini kawan-kawan luar biasa teman seperjuangan mendaki kemarin. Juga sebagai teman perjuangan selama kurang lebih 4 tahun ini. teman belajar ilmu dunia, jatuh terpelanting bangun dan berdiri. See you on top brader. aamiin..
Oke, sekian dulu catatan perjalanan kali ini. Semoga menginspirasi.
sekian_kdn

4 komentar: